Ekowisata


November 2, 2010

Pariwisata massal selamam bertahun-tahun telah mengubah wajah Bali secara cepat dan tentu saja bentuk pariwisata ini membawa pengaruh yang tidak kecil pada lingkungan yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kehidupan manusia di dalamnya. Oleh karena itu sejak tahun 2002 Jaringan Ekowisata Desa (JED) diluncurkan untuk menanggapi situasi ini. Hotelku.co.id turut  mengambil bagian dalam program ini untuk memberdayakan desa-desa dan melestarikan lingkungan sehingga desa-desa tersebut dapat mewariskan lingkungan yang lestari pada generasi penerus disamping turut juga berkontribusi bagi perekonomian.

Jaringan Ekowisata Desa ini dikelola dengan bekerjasama denganYayasan Wisnu, LSM tertua di Bali yang berkaitan tentang alam dan lingkungan. Jaringan Ekowisata Desa ini menghubungkan upaya konservasi, masyarakat, dan pariwisata yang berkelanjutan. Ini berarti bahwa masyarakat  desa berpartisipasi dalam kegiatan pariwisata yang bertanggung jawab berdasarkan  prinsip-prinsip ekowisata sebagai berikut:

• Memiinimalkan dampak pariwisata terhadap lingkungan dan budaya.
• Membangun kesadaran lingkungan, budaya dan rasa hormat.
• Memberikan pengalaman positif untuk  pengunjung dan tuan rumah.
• Memberikan manfaat keuangan langsung untuk konservasi.
• Memberikan keuntungan finansial dan pemberdayaan bagi masyarakat setempat.
• Meningkatkan sensitivitas masyarakat untuk menjadi tuan rumah ‘politik, lingkungan, dan sosial.

Program Pariwisata Berkelanjutan adalah:
“Pariwisata yang memenuhi kebutuhan wisatawan dan daerah tuan rumah dengan tetap melindungi dan meningkatkan lingkungan untuk masa depan.”

Jadi, kami undang anda untuk mengambil bagian dalam program ini, karena ini sangat berarti untuk BALI.

 

Tags: , , , ,

 

Leave a Reply

Spam Protection by WP-SpamFree