Cara Duet di TikTok

Setelah Facebook dan Instagram, platform media sosial TikTok juga ikut populer. Aplikasi ini sudah diunduh dan digunakan oleh banyak pengguna smartphone dari berbagai negara. Diantara sekian banyak fitur yang tersedia, cara duet di TikTok adalah yang paling dicari oleh para penggunanya.

Fitur duet di TikTok memungkinkan kamu untuk menyanyi bersama orang lain, bahkan penyanyi asli dari lagu favoritmu.

Pengguna TikTok yang masih baru bergabung mungkin masih belum tahu bagaimana cara menggunakan fitur tersebut.

Cara Video Duet TikTok Sempurna (Ada Suaranya)

Sayangnya, tidak semua video bisa digunakan untuk duet. Hal ini bergantung pada pengguna TikTok atau pembuat video tersebut.

Kalau dia mengaktifkan fitur duet, kamu bisa menggunakan video itu dan membuat video duetnya. Tapi ada pengguna yang tidak mengaktifkan fitur duet.

1. Membuat duet TikTok tanpa bantuan aplikasi

Cara ini berfungsi kalau pembuat video mengaktifkan fitur duet sehingga kamu bisa langsung berkolaborasi dengan video tersebut tanpa harus menggunakan aplikasi lain.

Setelah menemukan video yang kamu sukai, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tap pada ikon panah share atau bagikan yang ada di sebelah kanan jendela TikTok pada postingan video yang ingin kamu duetkan.
  • Di bagian bawah setelah pilihan Send to dan Share to terdapat beberapa fitur yang bisa kamu pilih. Untuk melakukan duet tap pada menu Duet.
Tap pada ikon panah share atau bagikan yang ada di sebelah kanan jendela TikTok
  • Tunggu hingga proses loading video selesai. Setelah proses selesai kamu bisa langsung merekam videomu sendiri, bersebelahan dengan video aslinya tersebut. 
  • Untuk tampilan yang lebih menarik, kamu bisa menggunakan salah satu filter, tap menu Effects yang ada di samping tombol record atau rekam.
  • Tap menu Layout yang ada di sebelah kanan jendela Duet TikTok untuk mengubah posisi video kamu, tersedia 4 mode berbeda.
Tap menu Layout yang ada di sebelah kanan jendela Duet TikTok untuk mengubah posisi video kamu, tersedia 4 mode berbeda
  • Tap tombol record atau rekam untuk mengambil videomu sendiri.
  • Setelah selesai mengambil video kamu bisa meninjaunya terlebih dulu, menambahkan teks, efek, stiker, filter anime Tiktok, dan mengatur volume suara kedua video menggunakan fungsi-fungsi yang muncul.
Setelah selesai mengambil video kamu bisa meninjaunya terlebih dulu, menambahkan teks, efek, stiker, filter, dan mengatur volume suara kedua video menggunakan fungsi-fungsi yang muncul
  • Kalau sudah selesai mengedit video, tap tombol Next di bagian pojok kanan bawah jendela TikTok dan kamu akan diarahkan ke jendela Post.
  • Di bagian ini kamu bisa mengubah captionmenambahkan hashtags, dan mengatur siapa yang bisa melihat postingan kamu.
Kalau sudah selesai mengedit video, tap tombol Next di bagian pojok kanan bawah jendela TikTok dan kamu akan diarahkan ke jendela Post
  • Setelah selesai mengatur postingan tersebut, tap tombol Post yang ada di bagian kanan bawah layar.
  • Kamu juga bisa mengatur untuk membagikan video duet tersebut ke platform media sosial lain, seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp Status.

Kamu harus menunggu sebentar lagi sampai cara duet di TikTok selesai sepenuhnya. Pastikan koneksi internet kamu lancar sehingga proses posting video bisa berlangsung dengan lancar.

Video yang kamu buat tadi bisa dilihat di tab Me di bagian pojok kanan bawah jendela TikTok.

2. Membuat duet TikTok dengan Aplikasi

Kalau kamu sudah mengklik tombol share tapi ternyata tombol Duet tidak bisa digunakan, ada cara lain yang bisa kamu lakukan dan tetap melakukan duet. Kamu membutuhkan aplikasi editor seperti Photo Grid yang bisa menyatukan 2 video menjadi satu sehingga akan tampak seperti Duet TikTok.

  • Download terlebih dahulu app Photo Grid dari Google Play Store dan pasang di smartphone Android yang kamu gunakan untuk mengakses platform media sosial TikTok. 
  • Jalankan aplikasi TikTok dan cari video yang mau kamu duet tapi tidak tombol Duet tidak menyala.
  • Tap pada tombol share atau panah untuk membuka berbagai fitur yang tersedia. Karena menu Duet tidak tersedia, tap pada tombol Save Video yang dilambangkan dengan ikon panah ke bawah. 
Tap pada tombol share atau panah untuk membuka berbagai fitur yang tersedia. Karena menu Duet tidak tersedia, tap pada tombol Save Video yang dilambangkan dengan ikon panah ke bawah
  • Tunggu sampai video tersebut tersimpan di memori smartphone kamu.
  • Gunakan kamera smartphone kamu untuk mengambil video yang mau kamu duetkan. Kamu juga bisa menggunakan kamera TikTok untuk mengambil video dengan efek atau filter tertentu, contohnya: filter monyet Tiktok.
  • Download video tersebut dan pastikan sudah tersimpan di memori smartphone Android.
  • Setelah dua video yang akan diduetkan tersimpan di penyimpanan smartphone android, buka app Photo Grid yang sudah kamu download tadi. 
  • Pilih 2 video dari TikTok yang akan kamu gabungkan. Tap tombol Next yang berada di pojok kanan atas jendela PhotoGrid.
Setelah dua video yang akan diduetkan tersimpan di penyimpanan smartphone android, buka app Photo Grid
  • Kamu bisa mulai berkreasi dengan 2 video tersebut. Tentukan layout yang paling kamu sukai, kamu juga bisa menambahkan frame atau bingkai ke video yang kamu edit. Kamu bahkan bisa menambahkan efek, musik, teks, emoji, dan lainnya.
  • Setelah selesai mengedit video, tap tombol Next lagi sehingga pop up jendela penyimpanan akan muncul.
  • Simpan video yang sudah selesai diedit dalam bentuk MP4 lalu tap tombol Save sehingga video akan tersimpan ke penyimpanan smartphone Android.

Setelah selesai mempelajari dan mengikuti cara duet di TikTok di atas, kamu bisa langsung mengunggahnya ke platform media sosial TikTok.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menambahkan video tersebut ke akun TikTok milikmu:

  • Jalankan aplikasi TikTok di smartphone Android kamu. Tap tombol + yang berada di bagian tengah bawah halaman beranda TikTok. 
Jalankan aplikasi TikTok di smartphone Android kamu. Tap tombol + yang berada di bagian tengah bawah halaman beranda TikTok
  • Tap menu Upload yang ada di sebelah kanan tombol rekam, akan muncul berbagai video yang bisa kamu unggah ke TikTok.
  • Pilih video duet yang sudah kamu edit tadi menggunakan aplikasi Photo Grid. 
  • Tap di lingkaran di bagian pojok atas video sehingga video tersebut akan terpilih. Kamu bisa memilih lebih dari satu video, tapi lebih baik pilih satu video yang sudah dikombinasikan saja.
  • Tap tombol Next yang terletak di bagian pojok kanan bawah jendela TikTok. Disini kamu bisa mengatur durasi atau panjang video, kecepatan video, dan mengubah rotasi video tersebut.
  • Setelah selesai mengatur, tap tombol Next di pojok kanan atas layar.
  • Lebih banyak pilihan pengeditan akan tersedia disini. Kamu bisa mematikan suara video dan menambahkan suara lain, menambahkan teks, stiker, efek, dan filter.
  • Selesai mengedit video, tap lagi tombol Next, kali ini yang berada di bagian pojok kanan bawah layar.
  • Jendela Post akan terbuka. Di jendela ini kamu bisa mengatur cover video sesuai keinginan, mengisi caption dan hashtag, serta mengatur siapa saja yang bisa melihat video tersebut.
  • Setelah selesai menetapkan pengaturan, tap tombol Post di bagian bawah layar.

Tunggu sampai proses posting selesai sehingga video duet tersebut bisa dilihat dan dinikmati oleh pengguna Tik Tok lain.

Di bagian Post lah kamu bisa mengatur apakah orang lain bisa melakukan duet menggunakan videomu atau tidak. Kamu bahkan bisa mengatur agar video tidak bisa diunduh.

Video duet yang kamu buat dan bagikan ke orang lain akan langsung muncul di tab Me. Kalau beruntung, video tersebut juga akan muncul ke beranda TikTok orang lain.

Tapi kalau kamu mengatur video tersebut agar tidak bisa dilihat orang lain, video tersebut akan muncul di bagian lain dari tab Me.

Dua cara duet di TikTok di atas adalah yang paling mudah untuk kamu coba. Kalau cara kedua terlalu rumit, kamu bisa cari video lain yang tombol Duetnya menyala sehingga kamu tidak perlu repot-repot mengunduh video dan mengeditnya terlebih dulu.