Game Open World PC Ringan

Ada banyak game open world PC ringan yang bisa Kamu mainkan untuk melepas kebosanan. Tidak perlu semua, ada 10 game open world PC yang wajib Kamu mainkan jika Kamu seorang penggemar game dengan genre tersebut.

Meskipun ringan dimainkan, game-game ini akan membuatmu lupa waktu. Semua game open world dalam daftar ini bisa dimainkan di PC/laptop dengan RAM 2 GB dan VGA 256 – 512 MB.

Berikut adalah 10 game open world ringan untuk PC yang berstatus recommended dan legendaris.

Game Open World PC Ukuran Kecil/Ringan (Offline dan Online)

1. Grand Theft Auto IV

Grand Theft Auto IV

Sebuah ketidakpantasan dalam daftar game open world terbaik tanpa kehadiran salah satu game Grand Theft Auto.

GTA IV adalah game yang wajib Kamu mainkan paling tidak sekali seumur hidup. Edisi Complete sudah termasuk 2 DLC berkualitas yang akan meningkatkan pengalaman bermain Kamu.

Berlatar tempat di Liberty City, Kamu akan berperan sebagai Niko Bellic, seorang imigran Eropa Timur yang berusaha memperbaiki nasib di kota itu.

Apapun bisa dilakukan di sini, melakukan pencurian kendaraan, melakukan pembunuhan, menamatkan cerita, dan berkeliling kota memancing kerusuhan.

2. Fallout: New Vegas

Fallout New Vegas

Fallout 3 memang keren dan memenangkan banyak penghargaan, tetapi Fallout: New Vegas lebih menyenangkan dan lebih kreatif.

Jika dalam Fallout 3 pemain dibebani oleh tuntutan untuk menemukan ayahnya, di sini pemain bisa lebih bebas tanpa beban cerita yang berat, apalagi monoton dan singkat.

Berlatar pasca kiamat nuklir di New Vegas, Kamu bisa berpetualang di lokasi ikonik yang panas ini dan menemukan banyak hal aneh, dari mutan ganas hingga senjata-senjata unik nan kreatif.

New Vegas adalah game pasca kiamat yang sempurna dengan gameplay shooter (V.A.T.S) yang asyik dan adiktif.

3. Saints Row: The Third

Saints Row The Third

Mustahil salah satu game dari seri Saints Row tidak masuk dalam daftar game open world pc ringan terbaik. Ketika pertama kali dirilid, Saints Row memang terkesan versi lelucon dari GTA.

Seiring dengan perkembangan zaman, Saints Row mampu menjadi seri game open world yang unik dan seru.

Kembali bermain sebagai The Saints, kali Kamu akan bermain di Stillport dan berusaha membasmi kota dari kelompok jahat bernama The Syndicate.

Dari mulai mengendarai tank baja di tengah kota, memainkan senjata fiksi berteknologi tinggi, hingga memainkan tantangan konyol bisa Kamu lakukan di sini.

Baca Juga: Game Horror PC Ringan

4. Sleeping Dogs

Sleeping Dogs

Sleeping Dogs adalah game open world yang berlatar tempat di Hong Kong. Jika rata-rata game open world dikembangkan dengan pendekatan action shooter, maka game ini memilih jalur bela diri tangan kosong (+ senjata).

Game ini akan membawamu ke dalam dunia mafia Triad yang keji dan penuh intrik. Kamu akan berperan sebagai Wei Shen, polisi yang sedang menyamar menjadi anggota Triad. Kamu bisa berpetualang dari area pasar basah khas Asia hingga area metropolitan.

Habis musuh dengan cara brutal, pelajari berbagai teknik bela diri, dan Kamu juga bisa berpartisipasi dalam balap liar dalam game ini.

5. Just Cause 2

Just Cause 2

Untuk bisa bertahan di genre open world memang membutuhkan kreativitas yang baik. Just Cause 2 adalah kombinasi yang baik dari genre open world dan olahraga ekstrem.

Bukan hanya mengeksplorasi pulau tropis yang memukau, Kamu juga bisa memainkan banyak tantangan ekstrem yang mendebarkan.

Dalam game ini, seolah tidak ada yang biasa. Misi diselesaikan dalam proses yang selalu melibatkan aktivitas ekstrem dari mulai loncat dari titik tertintu, melakukan pembajakan pesawat di udara, dan bersenang-senang dengan grapple hook dan melayang layaknya laba-laba atau monyet yang bebas lepas.

6. Far Cry 2

Far Cry 2

Saatnya Kamu mengeksplorasi lokasi eksotis di Afrika dalam Far Cry 2. Biasanya game open world memilih kota besar atau pulau tropis, tetapi dalam game ini latar tempat Afrika dipilih.

Jangan khawatir, latar tempat dalam Far Cry 2 sangat menarik dan menyimpan banyak hal unik dan tersembunyi untuk dieksplorasi.

Bergenre FPS, Kamu akan berperan sebagai seorang tentara bayaran di sebuah negara yang dikoyak perang.

Selain membasmi musuh, Kamu memiliki kebebasan untuk mengeksplorasi area, termasuk berburu artefak, berburu binatang eksotis, dan bersenang-senang dengan beragam senjata berbahaya.

7. Assassin’s Creed IV: Black Flag

Assassins Creed IV Black Flag

Game open world PC ringan terbaik dan legendaris selanjutnya adalah Assassin’s Creed IV: Black Flag. Sedikit melenceng dari tradisi, game ini memang masih mempertahankan genre stealth actionnya tetapi dengan penambahan fitur yang banyak.

Selain sebagai assassin, Kamu juga berperan sebagai pirate. Jika Kamu bosan membunuh banyak target, dalam game ini Kamu bisa melepas penat dengan mencari musuh di laut lepas dan melakukan pertempuran kapal.

Selain itu, ada banyak pulau dan tempat di sekitar Karibia yang bisa Kamu jelajahi, kunjungi, dan tentu saja eksploitasi harta dan isinya sampai habis.

 8. Batman: Arkham City

Batman Arkham City

Termasuk Arkham City, seri Batman Arkham memang berhasil menciptakan sebuah game superhero yang pantas dan berkualitas.

Dalam Arkham City, Kamu akan memainkan Batman dan berpetualang di sebuah bagian kota yang sengaja diisolasi untuk membuat para penjahat Gotham tidak kemana-mana.

Kamu bisa menikmati bagaimana rasanya bergelantung di gargoyle, “terbang” dari satu atap ke atap lain, dan membasmi musuh dengan cara senyap khas Batman.

Jalan cerita dalam game ini pun sangat menarik, karakter ikonik dari dunia Batman banyak muncul, dan kota penuh misteri yang menarik untuk dijelajahi.

9. Prototype

Prototype

Rusuh, bunuh, habisi, mutilasi, dan ulangi. Itulah kata yang bisa menggambarkan aktivitasmu dalam game ini.

Ketika pertama kali dirilis pada 2009 lalu, Prototype mampu membuat banyak penikmat game open world terkesan. Game ini seperti versi hardcore game Spider-Man dimana Kamu bermain sebagai Carnage.

Bermain sebagai korban eksperimen gila, Alex Mercer harus mencari asala kenapa Dia bisa mendapatkan kekuatan super yang maha dahsyat efek menghancurkannya.

Kenikmatan bermain game ini selain bebas mengeksplorasi kota, adalah bebas membuat kekacauan sekacau-kacaunya dan sehancur-hancurnya.

10. Mafia II

Mafia II

Dalam Mafia II, Kamu mungkin tidak memiliki kebebasan yang besar selayaknya ketika bermain game open world dengan tema yang sama (kriminal).

Petualanganmu sebagai Vito Scalette, seorang mafia baru di Empire Bay memang akan diatur per chapter dan mengikuti jalan cerita dengan kualitas film Hollywood.

Namun, hal tersebut tidak menghalangimu untuk bisa melakukan eksplorasi secara bebas. Berlatar waktu pasca Perang Dunia II, selain menamatkan cerita, Kamu bisa berpetualang berkeliling kota.

Kelebihan dan daya tarik utama dari game ini adalah otentisitas dan kemewahan mobil dan suasana dekade 50’an di AS.

Baca Juga: Game Balap Mobil PC Ringan

Lupa waktu dan kelelahan melakukan eksplorasi dan dunia dalam game akan Kamu alami ketika memainkan salah satu atau bahkan semua game open world PC ringan yang ada dalam daftar.

Siapkan waktu luang dan stamina yang prima sebelum menamatkan game-game yang ada dalam daftar tersebut.