Mengatasii Lupa Password Wifi IndiHome ZTE/HUAWEI (Reset Password)

Lupa Password Wifi IndiHome

Terkadang tak menutup kemungkinan bahwa kamu lupa apa password wifi di rumah. itu bisa saja terjadi karena kamu sudah jarang input password manual karena sudah tersambung otomatis. Namun, tenang saja masih ada cara mengetahui untuk yang lupa password Wifi Indihome.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka sangat tepat jika kamu membaca penjelasan di bawah ini. Yakin, pasti password wifi kamu akan ketahuan lagi. 

Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa

Memang perkara krusial jika sudah menyangkut password Wifi, namun pastinya ada beberapa cara agar kamu bisa mengetahuinya kembali. 

Pertama yang harus kamu perhatikan adalah apa tipe router atau ONT yang sedang kamu gunakan. Mengingat banyaknya router yang digunakan dengan berbagai macam tipe maka kamu harus mengetahuinya sendiri. 

Bisa jadi router yang kamu gunakan ZTE, HUAWEI, atau yang lainnya. Berbeda router bisa jadi berbeda cara mengatasinya. Oleh sebab itu, sebelum panik cobalah untuk mengecek tipe router yang sedang digunakan di rumah atau kantor kamu. 

Jika kamu sebagai pengguna Wifi Indihome maka saat melupakan password sebenarnya bisa bertanya kepada Call Center atau di nomor 147. Namun, itu bukan berarti permasalahanmu terselesaikan karena mereka tidak akan mengetahui cara melihat password wifi kamu karena itu adalah rahasia customer. 

Namun, mereka akan tetap membantu dengan cara membuat laporan agar nantinya teknisi bisa datang ke rumah dan membantu kamu untuk menyelesaikan permasalahan password. Mengapa harus teknisi? Ada beberapa password rahasia yang bahkan tidak diketahui atau diketahui orang tertentu. 

Salah satunya adalah teknisi. Oleh sebab itu, sangat pas jika kamu meminta bantuan orang berpengalaman. Nantinya teknisi akan melakukan berbagai macam cara pastinya dengan tetap memperhatikan jenis router apa yang sedang kamu gunakan. 

Akan tetapi, jika kamu tidak mau repot menunggu dan melibatkan orang lain seperti call center dan teknisi maka kami akan berikan beberapa langkah agar kamu bisa secara mandiri mengatasi permasalahan lupa password wifi Indihome. 

1. Menggunakan Router ZTE

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu router yang digunakan adalah tipe ZTE. Jika kamu menggunakannya maka akan ada cara khusus agar bisa mengatasi masalahmu dengan mudah. 

Namun, yang dimaksud mengatasi permasalahan disini adalah dengan cara mengganti password wifi yang lama dengan yang baru. Kemudian, saat kamu sudah mengantongi password wifi terbaru maka catatlah dan simpan di note Hpmu agar tidak hilang dan lupa.

Untuk itu maka kamu juga bisa mengikuti cara di bawah dengan sangat mudah dengan langsung mempraktekkannya.

  • Bukalah web browser pada laptop atau PC kamu bisa menggunakan Mozilla Firefox atau Google Chrome.
  • Atau jika terlalu sulit menggunakan laptop atau PC maka bisa menggunakan Handphone saja. 
  • Ketikkan pada kolom alamat URL 192.168.1.1 agar bisa masuk ke pengaturan wifi. 
  • Kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan username dan password
Kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan username dan password.
  • Ingat, itu bukanlah username dan password wifi melainkan untuk masuk ke pengaturan router. 
  • Kamu bisa mengisikan username = user dan password = user atau jika gagal maka bisa dicoba username = admin dan password = admin. 
  • Maka klik login, pastikan kamu sudah berhasil benar-benar masuk ke pengaturan router wifi kamu dengan memastikan bahwa tampilannya sudah menunjukkan status atau Device Information. 
  • Untuk melanjutkannya maka kamu bisa klik Network
  • Lanjutkan dengan klik WLAN Security yang di dalamnya memuat informasi mengenai SSID1 dan WPA Passphrase
Lanjutkan dengan klik WLAN Security yang di dalamnya memuat informasi mengenai SSID1 dan WPA Passphrase
  • Untuk mengganti password maka kamu bisa ketikkan password baru pada WPA Passphrase dengan minimal 8 karakter sampai dengan 63 karakter. Bisa dikombinasikan dengan huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. 
  • Kemudian, di bawah aturan akan ada pilihan Submit atau Cancel, pilih Submit untuk menyetujui perubahan yang kamu lakukan.
  • Lalu secara otomatis password WiFi kamu telah berubah ke password terbaru.

Atau kamu juga bisa mengganti nama SSID kamu atau nama Wifi kamu yang akan muncul saat akan menyambungkan. Caranya juga cukup mudah, yaitu:

  • Pastikan kamu masih berada pada pengaturan dasar router
  • Kemudian kamu bisa memilih Network WLAN SSID Settings
  • Lalu disana akan terdapat beberapa aturan SSID
  • Salah satunya adalah dengan memasukkan SSID Name sesuai dengan keinginan kamu
Salah satunya adalah dengan memasukkan SSID Name sesuai dengan keinginan kamu
  • Jika sudah diubah maka kamu bisa klik tombol Submit yang terletak pada bagian kanan bawah layar
  • Nama Wifi kamu akan berubah saat itu juga, mudah bukan? 

Sebagai informasi cara di atas adalah untuk digunakan pada router ZTE model F609, namun jika kamu menggunakan model lain maka tidak perlu khawatir karena caranya akan sama saja serta hanya memiliki perbedaan tipis yang ada pada tampilannya saja. 

2. Menggunakan Router HUAWEI

Jika sebelumnya adalah tipe ZTE, cara kedua adalah untuk router dengan tipe HUAWEI yang juga banyak digunakan oleh orang. Untuk caranya bisa jadi sama saja dengan router ZTE namun pasti ada perbedaan. 

Untuk mengetahui perbedaan serta cara jelas dalam mengganti password WiFi Indihome kamu maka bisa mengikuti cara di bawah ini:

  • Pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat yang kamu gunakan sudah terkoneksi dengan jaringan WiFi yang ingin diubah passwordnya. 
  • Kamu bisa menggunakan PC atau Laptop maupun Handphone. 
  • Kemudian masukkan ke dalam Web Browser perangkat kamu seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome agar lebih cepat dan mudah. 
  • Lalu pada kolom alamat web kamu bisa mengetikkan 192.168.100.1 kemudian akan muncul welcome page oleh Huawei. 
  • Kamu bisa memasukkan username dan password yaitu username = admin dan password = admin. Klik login kemudian akan muncul tampilan awalnya. 
Kamu bisa memasukkan username dan password yaitu username
  • Yang akan kamu jumpai di sana adalah home page hingga Advanced.
  • Untuk melanjutkan maka bisa klik Icon Setting WLAN/WLAN Basic.
  • Kemudian kamu bisa mengubah Password sesuai dengan keinginanmu pada WPA PreShareKey dengan minimal 8 karakter hingga 63 karakter dengan kombinasi huruf kecil, huruf besar, dan angka agar sulit ditebak oleh orang lain. 
Kemudian kamu bisa mengubah Password sesuai dengan keinginanmu pada WPA PreShareKey
  • Jika sudah mengganti maka kamu bisa klik Apply dan secara otomatis akan muncul password terbaru kamu. 
  • Pastikan untuk mengingatnya bisa dengan cara mencatat pada HP atau catatan kecil agar tidak lupa lagi. 

Jika kamu lupa password wifi Indihome serta lupa username dan password pengaturan router maka bisa bertanya kepada teknisi awal yang telah melakukan pengaturan awal untuk Wifi di rumah. 

Atau ada cara lain yaitu dengan melakukan reset router agar kembali ke pengaturan awal dan nantinya akan dilakukan pengaturan ulang karena sudah kembali ke setelah pabrik. Kamu boleh bereksperimen dengan mengatur aturan router sesuai keinginanmu. 

Namun, jika diketahui ada permasalahan dan kamu tidak bisa mengatasinya maka bisa menghubungi Call Center terkait atau teknisi terkait untuk meminta panduan agar bisa kembali normal.

Namun terkadang banyak orang yang takut sehingga cara tercepat adalah memanggil teknisi untuk ke rumah

Baca Juga: Lupa Password Wifi IndiHome ZTE